P&G Telah Salurkan Bantuan 13 Miliar Liter Air Bersih di Indonesia

Procter & Gamble (P&G) mengumumkan hingga kini telah menyediakan 13 miliar liter air bersih layak konsumsi melalui program bantuan kemanusiaan-nya yang bertajuk Childrens Safe Drinking Water (CSDW).
Mia Chitra Dinisari | 07 Desember 2017 14:16 WIB
Anak-anak penerima bantuan air bersih P&G - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Procter & Gamble (P&G) mengumumkan hingga kini telah menyediakan 13 miliar liter air bersih layak konsumsi melalui program bantuan kemanusiaan-nya yang bertajuk Children’s Safe Drinking Water (CSDW).

Program yang pertama kali digelar pada tahun 2004 dan melibatkan lebih dari 150 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) rekanan ini bertujuan untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap air bersih di lebih dari 90 negara di dunia, termasuk Indonesia. P&G dan LSM rekanan dengan memberikan paket P&G Purifier of Water secara cuma-cuma guna membantu menghadirkan akses yang lebih baik terhadap air bersih, kesehatan, pendidikan dan peluang ekonomi.

“Air adalah sumber kehidupan, namun di era yang serba maju ini, beberapa orang masih mengalami kesulitan mendapatkan akses terhadap air bersih. Ibu rumah tangga dan anak-anak perempuan di beberapa daerah bahkan mengemban tanggung jawab untuk mencari air bagi keluarga mereka, tak jarang mereka harus berjalan jauh hanya untuk mendapatkan pasokan air bersih. Inilah yang menjadi dasar kami," ujar Bridgette Thorold, Country Director ChildFund Indonesia dalam siaran persnya.

Di Indonesia, program CSDW pertama kali dijalankan tahun 2004 ketika Aceh dilanda bencana tsunami dan telah membantu puluhan ribu keluarga di seluruh Indonesia yang menjadi korban bencana alam seperti gempa bumi di Padang dan Yogyakarta, banjir di Jakarta, letusan gunung berapi di Jawa Tengah dan sebagainya. Pada awal tahun 2017, P&G Indonesia membantu lebih dari 3.000 keluarga di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat dengan menyediakan 22 juta liter air bersih. Bekerjasama dengan ChildFund International, sejak tahun 2015, P&G Indonesia mengukuhkan komitmennya menyediakan 65 juta liter air bersih selama periode tiga tahun bagi lebih dari 8.000 keluarga di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melalui program P&G CSDW, P&G Indonesia menyediakan teknologi pemurnian air dalam bentuk bubuk yang disebut P&G Purifier of Water yang tercipta melalui kerjasama antara Pusat Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Amerika Serikat (US Centers for Disease Control and Prevention) dan para ilmuwan P&G. Inovasi ini menerapkan penelitian P&G yang digunakan untuk menghasilkan deterjen sehingga menghadirkan teknologi pabrik pengelolaan air dalam bentuk sachet berukuran 4 gram. Hanya dengan satu ember, sendok, kain dan sebuah paket P&G Purifier of Water, masyarakat dapat memurnikan 10 liter air terkontaminasi yang berpotensi membahayakan kesehatan dalam waktu 30 menit, guna memenuhi kebutuhan air keluarga untuk 1 hari.

Tag : air bersih
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top