Semen Gresik Raih Indonesia Living Legend Brand 2017

PT Semen Gresik meraih penghargaan Living Legend Brand 2017 dari majalah SWA sebagai bentuk apresiasi terhadap merek asli Indonesia yang melegenda.
Newswire | 21 September 2017 15:17 WIB
Direktur Komersial PT Semen Gresik M Saifudin (tengah) menerima penghargaan Indonesia Living Legend Brands 2017 - Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Semen Gresik meraih penghargaan Living Legend Brand 2017 dari majalah SWA sebagai bentuk apresiasi terhadap merek asli Indonesia yang melegenda.

Penghargaan Indonesia Living Legend Brands 2017 diberikan kepada perusahaan dengan merek asli Indonesia yang berusia minimal 50 tahun, mencetak laba (tidak dalam keadaan merugi), bisnis terus bertumbuh, prospektif, cakupan pasar luas, terus melakukan ekspansi, menjadi trend setter, punya dampak pada pengembangan industrinya, dan terus berinovasi.

"Penghargaan ini merupakan pengakuan atas eksistensi dari brand Semen Gresik yang telah mencapai usia 60 tahun. Kami ini bukan yang tertua, juga bukan yang termuda, tapi kami menjadi yang paling melegenda menurut hasil riset dan survei dari SWA,” kata Direktur Komersial Semen Gresik, Mukhamad Saifudin, Kamis.

Menurutnya, penghargaan yang diterima kali ini menunjukkan bahwa di tengah usianya yang mencapai 60 tahun, produk Semen Gresik sebagai merk asli Indonesia mampu terus bersaing di pasar persemenan yang semakin dinamis dan kompetitif.

PT Semen Gresik, yang tergabung dalam Semen Indonesia Group, saat ini mampu menguasai pangsa pasar nasional sebesar 23,4% dengan sebaran produk mulai di Jawa, Bali Nusra, Kalimantan, Maluku hingga Papua. “Dengan sebaran jaringan retail mencapai 24.000, Semen Gresik semakin kokoh dari tahun ke tahun dan mampu menjangkau berbagai pelosok negeri,” ucapnya.

Daya saing yang dimiliki Semen Gresik selama 60 tahun, menurut Saifudin, tidak lepas dari strategi move closer to the customer.

Dengan dukungan kualitas produk yang bermutu tinggi, varian produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, dan infrastruktur pendukung seperti packing plant, gudang penyangga, armada kereta api, serta jaringan retail yang merata, Semen Gresik secara konsisten memastikan ketersediaan pasokan dan menjangkau kebutuhan pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.

“Melalui komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pelanggan, Semen Gresik mampu menjaga tingkat kepuasan dan kualitas hubungan pelanggan dari waktu ke waktu,” katanya.

Guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di era digital disruption seperti sekarang ini, lanjut Saifudin, Semen Gresik terus berupaya berbenah diri untuk mentransformasi pola dan kualitas hubungan pelanggan.

"Sampai dengan saat ini, Semen Gresik telah meluncurkan beberapa digital platform untuk berbagai segmen pelanggan, seperti keluargakokoh.com untuk end user, starfiesta untuk pelanggan curah, jagobangunan.com untuk tukang bangunan, dan bisniskokoh.com untuk pelanggan toko bangunan."

Selain itu, beberapa waktu lalu PT Semen Gresik juga menghadirkan Semen Gresik Privileges yang merupakan layanan eksklusif berbasis digital bagi pelanggan produk curah Semen Gresik dan menyesuaikan dengan lifestyle pelanggan.

Di tengah persaingan yang semakin sengit dan maraknya penetrasi produsen semen asing di Indonesia, Semen Gresik mampu tetap kompetitif dan menunjukkan kinerja positif di pasar. Semen Gresik telah menyabet penghargaan Indonesia Living Legend Brand sebanyak 5 (lima) kali, dengan 3 tahun terakhir yang diperoleh secara berturut-turut.

Di samping itu, Semen Gresik juga menunjukan kinerja penjualan domestik yang baik  per Agustus 2017. Volume penjualan Semen Gresik mampu tumbuh sebesar 9,5% dari tahun lalu, di saat kebutuhan nasional hanya tumbuh sebesar 5,7%.

Sujatnaka, Pemimpin Majalah SWA, menjelaskan penghargaan Indonesia Living Legend Brands 2017 ditetapkan berdasarkan hasil riset independen dengan sejumlah kriteria antara lain telah berusia lebih dari 50 tahun.

"Pemenang dari penghargaan ini merupakan aset dan kebanggaan bangsa. Kami mengapresiasi dedikasi dan kinerja mereka yang melegenda,” ujarnya di hadapan puluhan pengusaha yang hadir dalam malam penganugerahan pemenang Indonesia Living Legend Brands 2017 di Hotel Shangrilla.

Menurut dia, selain Semen Gresik sejumlah perusahaan dan brand juga meraih penghargaan serupa seperti Orang Tua Group, Viva Cosmetic, Sido Muncul, Kopi Kapal Api, Biofarma, dan PT PP Tbk.

“Kami berharap penghargaan Indonesia Living Legend Brands 2017 ini menjadi contoh dan teladan bagi perusahaan lain dalam mengelola brand menjadi legenda di Indonesia,” ujarnya.



Tag : semen gresik
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top