BCA Berikan Pelatihan Pelayanan Desa di Belitung Timur

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Pelatihan Layanan Prima bagi para pengurus desa di Kabupaten Belitung Timur, khususnya Desa Senyubuk, Desa Cendil, dan Desa Limbongan.
Mia Chitra Dinisari | 31 Agustus 2017 08:53 WIB
Gedung Bank BCA - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Pelatihan Layanan Prima bagi para pengurus desa di Kabupaten Belitung Timur, khususnya Desa Senyubuk, Desa Cendil, dan Desa Limbongan.

Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati membuka Pelatihan Layanan Prima bagi para pengurus desa di Kabupaten Belitung Timur di BW Suite, Tanjang Pandan, Belitung, Sabtu (26/08). Turut hadir dalam pelatihan diantaranya, Kepala BCA Kantor Wilayah VI Daniel Hendarto, Kepala BCA KCU Tanjung Pandan Vanessa Claudia, Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Helly Tjandra. Pelatihan tersebut digelar agar para pengurus desa di Kabupaten Belitung Timur memiliki pedoman dalam menghadirkan pelayanan yang unggul kepada wisatawan.

“Pelatihan Layanan Prima ini digelar sebagai wujud kepedulian BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada masyarakat. Kami melihat Kabupaten Belitung Timur memiliki daya tarik tersendiri melalui beragam destinasi wisata alam yang indah. Karenanya, BCA ingin mendampingi desa-desa di Kabupaten Belitung Timur dalam memaksimalkan potensi pariwisata yang ada, salah satunya melalui pelayanan yang prima kepada wisatawan, ujar Inge dalam siaran persnya

Kabupaten Belitung Timur merupakan destinasi wisata yang terbilang digandrungi kalangan anak muda, apalagi terdorong film Laskar Pelangi, yang kaya akan panorama alam yang sangat indah. Tak hanya itu, Kabupaten Belitung Timur juga menyimpan potensi yang dapat dikembangkan sebagai daerah tujuan geowisata dan ekowisata, misalnya Desa Sebunyuk dengan objek wisata Danau Kawan Open Pit Nam Salu yang memanfaatkan lubang galian tambang timah, hingga Desa Cendil dengan objek wisata Hutan Kerangas yang menyajikan keanekaragaman hayati yang unik dan berkhasiat bagi kesehatan.

“Pelatihan Layanan Prima ini juga diharapkan mampu berkontribusi memicu kreativitas peluang usaha bagi masyarakat lokal, memberikan ide varian baru dalam atraksi wisata, dan akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pembangunan di tingkat desa yang berdampak memakmurkan masyarakat daerah,” tambah Inge.

Pelatihan Layanan Prima ini merupakan program pengembangan Sumber Daya Manusia yang perdana diselenggarakan oleh Bakti BCA di Kabupaten Belitung Timur dan dihadiri oleh 30 pengurus dari Desa Senyubuk, Desa Cendil, dan Desa Limbongan. Pelatihan ini merupakan kelanjutan program bekerja sama dengan Yayasan ITB 81 & Badan

Pengelola Geopark Pulau Belitung dalam pengembangan kapasitas, pelatihan, & pendampingan masyarakat pengelola wisata geopark agar mampu memberikan pelayanan berkelas dunia yang diketuai Dyah Erowati.

Sebelumnya, BCA secara berkesinambungan juga telah mengadakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat lokal di sejumlah Desa Wisata Binaan. Beberapa inisiatif dilakukan, diantaranya: Pelatihan Layanan Prima, Pelatihan Marketing Online, Pelatihan Leadership, dan Pelatihan Team Building kepada segenap pengurus Desa Wisata Binaan BCA.

"Besar harapan kami, Pelatihan Layanan Prima ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan para pengurus desa di Kabupaten Belitung Timur mengenai keterampilan mengelola atraksi wisata berdasar kepada prinsip geopariwisata yakni pelestarian alam dan pemanfaatan bagi masyarakat, tutup Inge.

Tag : bca
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top