Tingkatkan Kualitas Air Bersih, Danone Aqua Gandeng PERSI

Danone AQUA dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menandatangani nota kesepahaman terkait upaya meningkatkan kualitas air bersih rumah sakit di Indonesia melalui program Air Bagi Kesehatan.
Lavinda | 26 April 2017 01:17 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Danone AQUA dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menandatangani nota kesepahaman terkait upaya meningkatkan kualitas air bersih rumah sakit di Indonesia melalui program Air Bagi Kesehatan.

Dalam kerja sama tersebut, Danone AQUA sebagai produsen air minum dalam kemasan (AMDK) berperan untuk memberikan edukasi mengenai sistem pengelolaan dan pengawasan air bersih berkualitas di rumah sakit. Hal itu dilakukan guna mendukung pemenuhan kualifikasi nasional maupun internasional.

Kolaborasi tersebut sejalan dengan agenda pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan untuk memajukan mutu rumah sakit. Ketersediaan air bersih berkualitas demi Keselamatan Pasien (Patient Safety) adalah salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan sertifikasi akreditasi bertaraf nasional maupun internasional.

“PERSI berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit di Indonesia dengan mengelola dan mengawasi kesehatan lingkungan rumah sakit. Khususnya penyehatan dan pengawasan kualitas air bersih sesuai prosedur keamanan yang dirumuskan pada beberapa persyaratan,” ujar Kuntjoro Adi Purjanto, Ketua Umum PERSI, seperti dikutip dalam keterangan pers, Selasa(25/4/2017).

Menurut dia, pengelolaan dan pengawasan air bersih harus memenuhi kualifikasi standar pemerintah yang tercakup dalam akreditasi nasional Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Setiap rumah sakit diwajibkan memiliki air berkualitas yang juga harus melalui proses pengujian kebersihan dan biokimia.

Adapun ketentuan mengenai air bersih juga harus mengacu pada Permenkes No. 492 tahun 2010 yang menyatakan bahwa air yang aman bagi kesehatan adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan memenuhi persyaratan fisika, mikrobiologis, kimiawi, serta radioaktif.

Tag : air bersih, danone
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top