5 Manfaat Berbisnis Ritel E-commerce bagi Generasi Muda

Saat ini semakin banyak generasi muda yang menjajaki bisnis rintisan (startup) di dunia daring. Hal itu tidaklah mengherankan mengingat prospek bisnis e-commerce kian lama kian moncer.
Wike Dita Herlinda | 19 April 2017 17:55 WIB
Ecommerce - alleywatch.com

Bisnis.com, JAKARTA—Saat ini semakin banyak generasi muda yang menjajaki bisnis rintisan (startup) di dunia daalam jaringan. Hal itu tidaklah mengherankan mengingat prospek bisnis e-commerce semakin moncer.

Tidak dapat dipungkiri, gairah bisnis e-commerce juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang pesat. Akibatnya, para pelaku usaha banyak mencetuskan tren-tren revolusioner yang memengaruhi keputusan serta daya beli para konsumen.

Berdasarkan laporan TechCrunch, Asia Tenggara siap menjadi pasar e-commerce terbesar ketiga di dunia dengan pertumbuhan dua digit per tahunnya. Adapun, eMarketer memprediksi penjualan via e-commerce di Asia Pasifik diharapkan menembus US$2,72 triliun pada 2020, naik dari pencapaian pada 2016 senilai US$1 triliun.

Tidak hanya pangsa pasar yang sangat masif, bisnis ritel e-commerce menawarkan fleksibilitas lebih dibandingkan dengan perusahaan konvensional. Itulah mengapa, lahan bisnis e-commerce begitu diminati oleh generasi millennials.

Jika Anda termasuk ke dalam jajaran pelaku usaha yang tertarik menggarap peluang bisnis e-commerce, simak beberapa keuntungan yang membuat Anda bebas berkarier di bidang ritel dan penjualan daring:

Pertama, Anda dapat membebaskan kreativitas. Sebab, bisnis e-commerce akan membuat Anda berkembang di dalam lingkungan yang mendorong untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah.

Bisnis ritel e-commerce adalah bisnis yang memiliki gesekan kompetisi yang sangat tinggi. Anda akan dituntut bersaing membuat format iklan yang tidak konvensional melalui YouTube atau media sosial lain.

Saat ini, promosi bisa dilakukan secara cuma-cuma dengan mengunggah konten ke media sosial. Tidak mudah untuk menciptakan iklan video yag bisa viral. Namun, di situlah letak peranan kreativitas dan sudut pandang yang berbeda.

“Seperti iklan Squatty Potty yang menarik, tidak biasa tapi menghibur, danberhasil mengumpulkan 30 juta penonton dalam sepekan dan menghasilkan peningakatan penjualan online sebesar 600% dan penjualan ritel sebesar 400%,” jelas Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin.

Dalam kasus Squatty Potty, mereka mengambil topik atau produk yang cenderung dihindari dan mengubahnya menjadi pembicaraan di internet dengan membuatnya menjadi lebih berwarna, unik, menarik, dan lucu.

Kedua, membuat karyawan terkesan dengan keterampilan media sosial. Jika Anda termasuk orang yang aktif di medsos, sudah saatnya memanfaatkan keterampilan bermedsos Anda untuk hal yang lebih produktif.

Misalnya, bekerja di bisnis atau perusahaan e-commerce yang sangat mengandalkan keterlibatan konsumen melalui iklan pemasaran sosial dan internet. Wawasan Anda tentang dunia online akan sangat berharga bagi perusahaan, sebagai dasar untuk pengguna medsos.

 Ketiga, kesempatan yang tidak terbatas untuk jenjang karier. Sebab, saat ini hampir seluruh lini bisnis ritel  baik berupa barang maupun jasa dijalankan secara online. Peluang kariernya pun sangat tidak terbatas dan patut dipertimbangkan untuk dijajaki.

 “Sebagai tambahan, kesadaran dan pengetahuan lintas budaya dan kemampuan berkomunikasi akan berharga bila Anda ingin menjajaki bisnis ritel e-commerce. Sebab, hal itu akan membuka kesempatan bagi Anda untuk menjajaki peluang lintasnegara dan benua,” imbuh Satya.

 Keempat, menjadi batu loncatan karier yang baik. Di dalam bisnis ritel e-commerce, Anda akan dibuat terbiasa menghadapi komplain konsumen, target penjualan, pengelolaan anggaran, dan membuat iklan pemasaran yang efektif.

Seluruh pengalaman itu akan menjadi bekal bagi Anda untuk meraih kesempatan berkarier di bidang industri apapun. Anda juga akan merasa lebih mudah beralih ke pekerjaan lain, seperti bidang penjualan, manajemen bisnis, keuangan, dan bahkan bidang kreatif.

Kelima, mengembangkan relasi secara profesional dan sosial. Dengan bekerja di bidang ritel e-commerce, Anda dituntut untuk menjalin banyak hubungan secara profesional dan sosial. Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang setiap harinya.

"Membangun pengaruh dalam kontak relasi pasti akan membuka jalan bagi transisi karier masa depan dan peluang untuk berkembang. Jadi, tidak ada salahnya mempertimbangkan karier di bidang ritel e-commerce.” 

Tag : ecommerce
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top