Pekan Pertama Kerja, 5 Kiat Menghafal Nama Agar Terhindari dari 'Awkward'

Bisnis.com, JAKARTA—Bagi seseorang yang baru mulai pekan pertama bekerja, terkadang menghafalkan nama-nama rekan sejawat bisa menjadi sebuah tantangan.
Wike Dita Herlinda | 17 April 2017 16:58 WIB
Ilustrasi - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA—Bagi seseorang yang baru mulai pekan pertama bekerja, terkadang menghafalkan nama-nama rekan sejawat bisa menjadi sebuah tantangan.

Tak jarang pegawai baru mengalami saat-saat awkward, di mana mereka berjuang mengingat nama rekan yang sedang berbicara dengan mereka, dan takut keliru menyebutkan nama yang berujung pada rasa malu.

Untuk menghindari masalah mengingat nama rekan sejawat di tempat kerja baru, ada beberapa tip dari JobStreet Indonesia yang bisa dilakukan.

Pertama, mengulang-ulang nama tersebut dalam sebuah percakapan. Temukanlah kesempatan untuk mengulang nama orang tersebut selama percakapan Anda dengan mereka.

Hal itu bisa dilakuan dengan cara-cara sederhana seperti bertanya pada mereka, ‘Berapa lama Anda telah bekerja di bidang pemasaran, Laura?’ Akan tetapi, jangan melakukan pengulangan secara berlebihan.

“Sekadar tip, saat berpamitan, Anda bisa juga mengakhiri percakapan tersebut dengan mengatakan, ‘Senang bertemu denganmu, Laura’,” papar Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin.

Kedua, minta lawan bicara untuk mengeja nama mereka untuk Anda. Hal itu mungkin terlihat aneh jika nama orang tersebut adalah sebuah nama yang cukup umum. Namun, jika nama orang tersebut tidak biasa atau cukup sulit; mintalah mereka mengeja namanya untuk Anda.

“Memvisualisasikan nama bisa membantu Anda mengingat nama tersebut dalam ingatan Anda,” jelas Satya.

Ketiga, membuat asosiasi. Jika nama orang yang Anda jumpai mirip dengan nama orang terkenal atau mempunyai nama dan minat yang sama dengan seorang selebritas, buatlah sebuah asosiasi mental untuk mengukir nama tersebut dalam ingatan Anda.

 “Misalnya, jika Anda berjumpa dengan seorang bernama David dan dia ternyata menyukai sepak bola, Anda bisa mengasosiasikan orang tersebut dengan David Beckham,” ujar Satya. 

 Keempat, menciptakan sambungan. Mempunyai minat yang sama merupakan ice breaker yang bagus. Sebab, hal tersebut akan secara otomatis memberikan Anda topik obrolan dengan mudah.

Mungkin Anda berdua adalah orang tua dari anak-anak yang masih kecil, atau Anda sama-sama penyayang kucing. Menunjukkan ketertarikan yang tulus pada orang lain seringkali memuluskan jalan Anda menuju percakapan yang mempunyai makna.

Kelima, menuliskan nama tersebut. Segera setelah Anda punya kesempatan, tuliskan nama orang tersebut dalam daftar kontak beserta catatan tentang apa yang orang tersebut lakukan dan minat yang Anda miliki bersama.

“Sekadar tip, menuliskan sesuatu terbukti membantu dalam membuat ingatan lebih tahan lama,” ujar Satya.

Kelima kiat sederhana tersebut dapat diterapkan dalam berbagai situasi di mana Anda berjumpa dengan seseorang untuk pertama kalinya. Tidak hanya untuk di tempat kerja, kiat tersebut dapat dilakukan saat menghadiri acara networking atau pertemuan sosial dengan rekan sejawat. 

Tag : tips
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top