CSR Perusahaan, Bulog Anggarkan Dana Rp20 Miliar Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Bulog mulai menyalurkan dana bantuan sosial kepada masyarakat pada tahun ini.
Newswire | 17 April 2017 10:05 WIB
Ilustrasi - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Bulog mulai menyalurkan dana bantuan sosial kepada masyarakat pada tahun ini.

Untuk tahap awal Bulog memberikan bantuan kepada Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat senilai Rp1,6 miliar pekan lalu.

Dana tersebut sudah mulai digunakan untuk pembangunan masjid di Aceh dan pembangunan ruang pendidikan di pondok pesantren tersebut.

"Di Pesantren Buntet, kami menganggarkan sekitar Rp1,6 miliar untuk pembangunan enam kelas," ujar Wahyu Suparyono, Direktur SDM dan Umum Perum Bulog, Senin.

Pada tahun ini, sambungnya, Bulog menganggarkan Rp20 miliar untuk program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Bulog memilih Pesantren Buntet, karena pesantren ini terkenal mengutamakan pengembangan rasionalitas keilmuan yang sesuai dengan visi Bulog mengembangkan SDM dalam segala hal. "Program tanggungjawab sosial kami itu antara lain untuk pemberdayaan manusia."

Menurut Wahyu Suparyono, mulai 2017 Bulog memberikan perhatian serius untuk memperhatikan lingkungan sekitar salah satunya pendidikan.

Mulai tahun ini, sambungnya, Bulog mengubah sejumlah struktur di perusahaan dengan membentuk satu unit kerja yang bernama kepala bagian tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Wahyu mengatakan kurang lebih 13 tahun terakhir, BUMN pangan tersebut kurang memberikan perhatian pada masalah sosial berupa pemberdayaan masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Bulog hanya memberikan tanggun jawab untuk dana CSR tersebut di setingkat kepala seksi. Setelah ada perubahan dan Kementerian BUMN meminta BUMN aktif membagikan sebagian keuntungannya untuk tanggungjawab sosial, maka Bulog melakukan kajian akademik dan membentuk satu unit kerja yang mengurus CSR dengan struktur sebagai kepala bagian.

Wahyu menjelaskan kelangsungan suatu perusahaan itu sangat ditentukan tiga pilar. Pertama, pemberdayaan manusia, kedua kepedulian pada lingkungan sekitar, dan ketiga perolehan pendapatan.


Tag : csr
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top