Merencanakan Keuangan Dengan Aplikasi Keuangan

Merencanakan keuangan bukan hal yang mudah dilakukan. Agar bisa sukses dibutuhkan ketelitian dan konsistensi terutama dalam mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Sayangnya, banyak orang yang malas melakukan hal tersebut.
Rezza Aji Pratama | 19 Agustus 2016 16:55 WIB
Ilustrasi - Linnareacu

Bisnis.com, JAKARTA - Merencanakan keuangan bukan hal yang mudah dilakukan. Agar bisa sukses dibutuhkan ketelitian dan konsistensi terutama dalam mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Sayangnya, banyak orang yang malas melakukan hal tersebut.

Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan memanfaatkan perangkat pintar yang kita miliki. Apalagi saat ini hampir semua orang ditemani smartphone dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bagi yang menggunakan platform android, pemiliki smartphone bisa memasang sejumlah aplikasi yang bisa membantu merencanakan keuangan.

Beberapa aplikasi tersebut memang berbayar. Namun, tidak sedikit juga aplikasi gratis tapi berkualitas yang bisa dimanfaatkan. Dengan berbagai macam aplikasi yang tersedia, pengguna mungkin akan kebingungan dalam memilih. Namun, dengan melihat kategori terlaris atau yang sedang hangat diperbincangkan, kita bisa memilih salah satu dari aplikasi tersebut.

Bisnis merangkum sejumlah aplikasi yang saat ini sedang menjadi buruan para pengguna platform Android untuk membantu merencanakan keuangan. Berikut ini daftarnya:

1.      Money Lover Manajemen Keuangan

Aplikasi ini bertengger di urutan teratas dalam kategori aplikasi keuangan terlaris di Google Playstore. Jika melihat tampilannya aplikasi ini menawarkan user interface yang ramah. Pengguna juga bisa memilih kategori bahasa yang tersedia. Mulai dari Indonesia, Inggris, Jepang, Belanda, dan berbagai bahasa dunia lainnya.

Aplikasi ini akan membantu memudahkan pencatatan setiap transaksi yang kita lakukan. Selain itu, pengguna juga bisa memilih kategori keuangan lain seperti utang, tabungan, hingga tagihan tertentu. 
Salah satu fitur yang menarik adalah tampilan grafik yang akan memberikan gambaran pengguna jenis transaksi keuangan dari waktu ke waktu. Satu hal yang cukup mengganggu adalah kemunculan iklan tertentu saat penggunaanya. Namun, developer juga memberikan opsi upgrade ke jenis premium seharga US$4,99 jika anda tertarik menggunakan seluruh fitur yang disediakan.

2.      Pengeluaran

Salah satu aplikasi dari developer lokal yang juga menjadi primadona di Google Play Store adalah Pengeluaranku. Sesuai namanya, aplikasi ini akan membantu mencatat semua transaksi keuangan yang berkaitan dengan pengeluaran. Selain itu, pengguna juga diberikan fitur rencana belanja ke depan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kalkulator untuk mempermudah perhitungan. Anda juga bisa mengirimkan data yang sudah dicatat melalui email atau disimpan di drive.

3.      App Keuangan

Aplikasi lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah App keuangan. GentaTekno selaku developer mendesain produknya dengan simpel dan sederhana. Warna yang digunakan juga hanya dua jenis yaitu hitam dan putih. Kesederhanaan tampilannya ini juga selaras dengan cara penggunaan aplikasi ini.

Di kolom beranda hanya terdapat lima kategori yaitu transaksi, laporan, data, akun, dan pengaturan. Namun, secara garis besar aplikasi ini sebenarnya lebih cocok digunakan sebagai aplikasi untuk UKM. Khusus untuk versi gratis, batas nilai aset yang diperkenankan hanya Rp10 juta. Di atas itu, harus menggunakan versi pro yang bisa diupdate.

Selain tiga aplikasi di atas, sebenarnya masih banyak aplikasi keuangan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan. Pemilihan bergantung pada karakterisitik dan selera pengguna itu sendiri. Kebanyakan aplikasi juga tidak memiliki kapasitas besar sehingga cocok bagi sebagian besar smartphone yang beredar di pasaran.

Memanfaatkan aplikasi untuk mengatur keuangan tentu merupakan langkah yang bijak. Tertarik mencoba?

Tag : perencanaan keuangan
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top