Kamis, 23 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

BUMN Career Day Digelar 5-7 Desember, Ada 2.000 Lowongan

Bambang Supriyanto   -   Kamis, 17 Oktober 2013, 13:27 WIB

BERITA TERKAIT

Suasana Bursa Kerja/Antara-Lucky S
Antara/Lucky S
Suasana Bursa Kerja

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN bersama dengan perusahaan penyedia informasi online PortalHR.Com  menggelar BUMN Career Days 2013 pada 5-7 Desember 2013  di Istora Senayan, Jakarta.

"Sekitar 141 BUMN akan ikut berpartisipasi, dengan membuka lebih dari 2.000 lowongan kerja di perusahaan milik negara," kata Malla Latif, CEO PortalHR.Com, Kamis (17/10).

Menurut Malla, pameran lowongan kerja dengan tema "Mari Berkarir di BUMN" ini merupakan job fair BUMN pertama dan terbesar karena diikuti ratusan BUMN dengan target menjaring sekitar 150.000 pencari kerja.

"Dengan memanfaatkan teknologi digital dan sosial media, sistem penjaringan tenaga kerja dapat dilakukan lebih efisien serta terbuka," ujar Malla.

Senior Partner PortalHR.Com N. Krisbiyanto mengatakan tujuan job fair ini membuka kesempatan yang sama dan seluas-luasnya kepada semua anak bangsa untuk berkarir di BUMN.

Berbeda dengan acara job fair yang sudah pernah ada, pameran lowongan kerja BUMN ini juga membuka kesempatan atau posisi magang, selain posisi-posisi lulusan baru (fresh graduate), dan posisi bagi karyawan berpengalaman (pro hire).

Dia menjelaskan melalui sistem PortalHR pencari kerja dapat melihat posisi lowongan kerja di BUMN-BUMN, mengetahui profil-profil perusahaan yang akan dilamar secara detil dan transparan.

Melalui data base tersebut, maka seseorang yang tidak diterima pada satu posisi di BUMN tertentu, kemungkinan masih dapat diterima oleh perusahaan BUMN lainnya yang membutuhkan.

"Intinya, konsep data base ini memungkinkan BUMN tidak kehilangan talenta-talenta terbaik anak bangsa," ujar  Krisbiyanto.

Selama ini, tambahnya, dari sekitar 141 BUMN hanya sekitar 10%-15% yang memiliki sistem pengelolaan sumber daya manusia dan perekrutan yang baik.

"Selebihnya, BUMN umumnya masih mencari karyawan dengan sistem konvensional, karena masih lebih pada pendekatan kepersonaliaan, ketimbang pengembangan sumber daya manusia dan human capital," ujarnya.


Source : Antara

Editor : Bambang Supriyanto

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.