Selasa, 23 Desember 2014

CSR: AHM Bangun Pembangkit Listrik Di Lampung

Nurudin Abdullah Jum'at, 10/05/2013 15:19 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Astra Honda Motor, agen tunggal pemegang merek sepeda motor Honda, berhasil membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 20.000 watt di wilayah Suoh, Lampung Barat, Lampung.

Kristanto, Head of Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memajukan taraf hidup masyarakat, diantaranya melalui pembangunan PLTMH yang sekaligus menjadi corporate social responsibility bidang pemberdayaan masyarakat.

“Kami harapkan dengan adanya PLTMH itu aktivitas perekonomian di Suoh akan semakin produktif, karena daerah itu memiliki potensi hasil pertanian yang baik, seperti kopi, kopra, merica, dan coklat," katanya, Jumat (10/5/2013)

Menurutnya, pembangunan PLTMH merupakan hasil kerjas sama antara AHM dan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Lampung dan main dealer Honda wilayah Lampung PT Tunas Dwipa Matra dengan memanfaatkan aliran air Sungai Putih.

Selain itu, lanjutnya, AHM juga telah membangun dua unit PLTMH di Pekon Banding Agung dan Pekon Tugu Ratu dengan kapasitas masing-masing 10.000 watt.

Dia menjelaskan turbin yang dibangun di muara Sungai Putih akan menggerakkan generator yang menghasilkan listrik untuk menopang aktivitas produktif penduduk yang tinggal di 150 rumah di 2 desa di kecamatan Suoh, Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Selain membangun PLTMH, lanjutnya, AHM juga memberikan bantuan alat pengering hasil pertanian yang dapat digerakkan dengan aliran listrik yang dihasilkan pembangkit listrik di aliran Sungai Putih tersebut.

“Pembangunan PLTMH untuk masyarakat terpencil tidak akan berhenti di wilayah Suoh, Lampung Barat. Karena, kami berencana melakukan hal serupa untuk masyarakat di wilayah Banjar Puakan Kubutambahan, Buleleng, Bali dan wilayah Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara,” ujarnya. (sep)

Apps Bisnis.com available on:    
Ikuti lomba menulis – Ayo Dukung Indonesia Sehat dan menangkan hadiah jutaan rupiah. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...